yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

Survei Awal Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023

Sehubungan dengan kunjungan kerja pimpinan di lingkungan Kemendikbudristek ke daerah untuk menguatkan pelaksanaan Implementasi Kurikulum Merdeka, berikut ini kami sampaikan instrumen survei  awal Implementasi Kurikulum Merdeka Tahun Ajaran 2022/2023.


Kami mengharapkan partisipasi Bapak/Ibu Guru untuk mengisi survei ini sesuai dengan persiapan yang dilakukan dalam rangka Implementasi Kurikulum Merdeka yang telah dilakukan. Informasi yang diberikan dapat menjadi bahan refleksi bagi guru dan satuan pendidikan, serta menjadi masukan bagi Kemendikbudristek dalam mendukung guru dan satuan pendidikan yang menerapkan Kurikulum Merdeka.

Terima kasih atas partisipasi Bapak/Ibu Guru dalam survei ini.

Salam,
Tim Survei

Identitas

Nama Sekolah:*

Your answer

Asal daerah (nama kabupaten/kota, misalnya ditulis: Kabupaten Bogor):*

Your answer

Asal Daerah (Nama Kabupaten/Kota)*

Choose

NPSN:*

Your answer

Status Anda saat ini:*

o   Guru Kelas

o   Guru Mata Pelajaran

Status kepegawaian*

o   ASN

o   Non-ASN

Apakah Anda akan mulai menggunakan Kurikulum Merdeka di tahun ajaran 2022/2023?*

(Catatan: Kurikulum Merdeka akan mulai diimplementasikan di tahun 2022/2023 pada siswa di jenjang kelas 1 dan 4 (SD/MI), kelas 7 (SMP/MTs) dan kelas 10 (SMA/MA/SMK)

o   Ya

o   Tidak

Jalur Kurikulum

Apa kategori jalur implementasi Kurikulum Merdeka sekolah Anda?*

o   Mandiri Belajar (masih menggunakan Kurikulum 2013)

o   Mandiri Berubah (menggunakan Kurikulum Merdeka)

o   Mandiri Berbagi (menggunakan Kurikulum Merdeka)

Penyusunan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)

Apakah sekolah Anda sudah mengembangkan Kurikulum Operasional Satuan Pendidikan (KOSP)?*

o   Tidak tahu

o   Belum mengembangkan

o   Sudah mengembangkan KOSP, tetapi saya tidak terlibat

o   Sudah mengembangkan KOSP dan saya terlibat

Cara Mengembangkan KOSP

Sepengetahuan Anda, bagaimana cara sekolah Anda mengembangkan kurikulum operasional satuan pendidikan (KOSP)?

   Mengadopsi contoh KOSP yang disediakan Kemendikbudristek

   Mengadaptasi dari contoh KOSP yang disediakan Kemendikbudristek

   Mengembangkan KOSP secara mandiri

Perencanaan Pembelajaran

Apakah sekolah Anda sudah menyusun alur tujuan pembelajaran (ATP) untuk mata pelajaran yang Anda ampu?*

   Belum menyusun

   Sudah menyusun dengan mengadopsi/menggunakan langsung contoh yang disediakan pemerintah

   Sudah mengembangkan dengan memodifikasi dari contoh yang disediakan

   Sudah dengan cara merancang sendiri berdasarkan capaian pembelajaran (CP)

Apakah Anda sudah menyiapkan rencana pembelajaran (RPP/modul ajar)?*

   Belum menyusun RPP atau masih menggunakan RPP tahun sebelumnya

   Sudah menyusun dengan mengadopsi langsung contoh RPP/modul ajar yang disediakan pemerintah

   Sudah menyusun dengan mengadaptasi dari contoh RPP/modul ajar yang disediakan pemerintah

   Sudah menyusun dengan mengembangkan RPP/modul ajar secara mandiri dengan mengacu pada alur tujuan pembelajaran

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)

Apakah sekolah Anda sudah mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)?*

   Tidak tahu

   Belum mengembangkan

   Sudah mengembangkan, tetapi saya tidak terlibat

   Sudah mengembangkan dan saya terlibat

Projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5) (2)

Sepengetahuan Anda, bagaimana cara sekolah Anda mengembangkan modul projek penguatan profil pelajar Pancasila (P5)?*

   Mengadopsi langsung contoh modul yang disediakan pemerintah

   Mengadaptasi dari contoh modul yang disediakan pemerintah

   Mengembangkan modul secara mandiri dengan menyesuaikan karakteristik peserta didik, satuan pendidikan, dan/atau kondisi daerah

Pelaksanaan Pembelajaran dan Asesmen

Apakah Anda melakukan asesmen di awal pembelajaran pada awal tahun ajaran 2022/2023?

   Belum merencanakan

   Sudah berencana, tapi belum dilaksanakan

   Sudah dilaksanakan

Apakah Anda telah menerapkan metode pengajaran bervariasi agar sesuai dengan kemampuan belajar masing-masing siswa (pembelajaran terdiferensiasi)?*

   Belum menerapkan

   Sudah menerapkan

Bagaimana cara Anda dalam memberikan umpan balik kepada siswa dalam proses pembelajaran? (jawaban boleh lebih dari satu)*

   Memberikan penilaian secara kuantitatif

   Memberikan apresiasi baik secara lisan maupun tertulis

   Memberikan saran perbaikan yang harus dilakukan

Perangkat ajar

Sumber belajar apa saja yang biasa Anda gunakan dalam mengajar? (jawaban boleh lebih dari satu)*

   Buku teks pelajaran (untuk siswa)

   Buku panduan guru/pendidik

   Buku pengayaan

   Sumber belajar digital (PMM, website, Youtube, buku digital, video, dll.)

   Sumber belajar cetak lainnya (surat kabar, majalah, dll.)

   Sumber belajar non cetak (alat peraga, lingkungan sekolah, narasumber ahli, tokoh, dll)

Apakah Anda sudah memiliki buku teks Kurikulum Merdeka (buku panduan guru dan buku pegangan siswa)?*

o   Belum memiliki

o   Sudah memiliki versi digital

o   Sudah memiliki versi cetak

o   Sudah memiliki versi cetak dan digital

Platform Merdeka Mengajar

Apakah Anda sudah memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar untuk mempelajari Kurikulum Merdeka?*

o   Belum, karena belum tahu keberadaan PMM

o   Belum memanfaatkan PMM

o   Ya, sudah memanfaatkan

Platform Merdeka Mengajar (2)

Apakah Anda sudah mengikuti pelatihan mandiri dengan topik “Kurikulum”?*

o   Tidak mengikuti

o   Ya, tetapi tidak sampai tahap post-test

o   Ya, sampai tahap post-test

Apakah Anda sudah mengikuti pelatihan mandiri dengan topik “Perencanaan Pembelajaran”?*

o   Tidak mengikuti

o   Ya, tetapi tidak sampai tahap post-test

o   Ya, sampai tahap post-test

Apa yang dapat mendorong Anda menggunakan Platform Merdeka Mengajar (PMM) untuk mempelajari Kurikulum Merdeka? (jawaban boleh lebih dari satu)*

   Adanya instruksi untuk menggunakan PMM

   Sosialisasi pentingnya penggunaan PMM

   Pelatihan pemanfaatan PMM

   Dukungan sarana dan prasarana (perangkat dan jaringan internet)

   Rekan sejawat/komunitas belajar mendampingi pemanfaatan PMM

   Dukungan/motivasi kepala sekolah untuk memanfaatkan PMM

   Apresiasi atau reward (mis. sertifikat, dll)

Apakah Anda mempelajari Kurikulum Merdeka dari sumber belajar selain Platform Merdeka Mengajar?*

o   Tidak

o   Ya

Platform Merdeka Mengajar (3)

Sumber apa saja yang anda gunakan untuk mempelajari Kurikulum Merdeka? (jawaban boleh lebih dari satu)*

   Sesama guru, baik melalui komunitas (KKG/MGMP) atau individu guru

   Kepala sekolah/pengawas sekolah

   Seminar/lokakarya dari pemerintah daerah

   Seminar/lokakarya dari NGO/Mitra Pembangunan

   Pelatihan luring/Webinar daring dari Kemendikbudristek

   Webinar daring dari pihak di luar Kemendikbudristek

   Youtube

   Website di luar Kemendikbudristek

   Buku atau panduan yang disediakan Kemendikbudristek

   Buku atau bahan bacaan dari pihak lain di luar Kemendikbudristek

Webinar Series Kurikulum Merdeka

Apakah Anda pernah mengikuti Webinar Series Kurikulum Merdeka yang diselenggarakan oleh Kemendikbudristek?*

o   Belum pernah

o   Pernah mengikuti 1 seri webinar Kurikulum Merdeka

o   Pernah mengikuti 2 - 3 seri webinar Kurikulum Merdeka

o   Pernah mengikuti 4 - 7 seri webinar Kurikulum Merdeka

Apa yang dapat mendorong Anda mengikuti Webinar Series Kurikulum Merdeka? (jawaban boleh lebih dari satu)*

   Adanya instruksi untuk mengikuti webinar series

   Sosialisasi mengenai webinar series

   Dukungan sarana dan prasarana (perangkat dan jaringan internet)

   Rekan sejawat/komunitas belajar memotivasi untuk mengikuti webinar series

   Dukungan/motivasi kepala sekolah untuk mengikuti webinar series

   Apresiasi atau reward (mis. sertifikat, dll)

Komunitas Belajar

Apakah Anda tergabung dalam komunitas belajar guru (mis. KKG, MGMP, komunitas belajar lainnya)?*

o   Tidak

o   Ya

Komunitas Belajar (2)

Seberapa aktif Anda dalam kegiatan-kegiatan di komunitas belajar tersebut (mis. KKG/MGMP, dll)?*

o   Tidak pernah mengikuti kegiatan komunitas belajar

o   Kadang-kadang mengikuti kegiatan komunitas belajar

o   Sering mengikuti kegiatan komunitas belajar

o   Selalu mengikuti kegiatan komunitas belajar

Komunitas Belajar (3)

Apakah aktivitas komunitas belajar yang Anda ikuti, mendukung implementasi Kurikulum Merdeka?*

o   Tidak

o   Ya

Komunitas Belajar (4)

Apa saja aktivitas komunitas belajar yang dilakukan untuk mendukung implementasi Kurikulum Merdeka yang Anda ikuti? (jawaban dapat lebih dari satu)

   Pelatihan mengenai persiapan implementasi Kurikulum Merdeka

   Berbagi praktik baik untuk pelaksanaan implementasi Kurikulum Merdeka

   Diskusi atau refleksi kesiapan sekolah dalam implementasi Kurikulum Merdeka

   Pendampingan rekan sejawat dalam menyiapkan implementasi Kurikulum Merdeka

Dukungan Pemerintah Daerah

Apakah Dinas Pendidikan telah memberikan dukungan kepada sekolah untuk implementasi Kurikulum Merdeka?*

o   Tidak

o   Ya

Dukungan Pemerintah Daerah (2)

Apa bentuk dukungan yang sudah diberikan oleh dinas pendidikan kepada sekolah untuk implementasi Kurikulum Merdeka? (jawaban dapat lebih dari satu)*

   Peningkatan kapasitas guru melalui pelatihan/bimtek/dll

   Pendampingan guru dalam implementasi Kurikulum Merdeka

   Penyediaan pusat layanan bantuan (helpdesk) untuk implementasi Kurikulum Merdeka

   Dukungan untuk komunitas belajar

   Dukungan anggaran untuk sekolah

Media Komunikasi

Manakah media komunikasi yang paling membantu Anda dalam mendapatkan informasi tentang Kurikulum Merdeka?*

o   Platform Merdeka Mengajar

o   Laman Kurikulum Merdeka (https://kurikulum.gtk.kemdikbud.go.id/)

o   Grup WhatsApp/Telegram

o   Media Sosial (Facebook, Instagram, Twitter, Tiktok, Youtube, dsb)

o   Webinar

o   Media Televisi/ Radio

o   Media cetak

o   Informasi/edaran dari dinas pendidikan

o   Sosialisasi/pelatihan Kurikulum Merdeka

o   Pertemuan dengan rekan sejawat atau komunitas belajar atau organisasi/asosiasi profesi guru

 

Catatan : Survei via Gform.

https//bit.ly/SurveiGuru_IKM

 

 

Post a Comment

Post a Comment