yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

ALJABAR SMP | Soal dan Pembahasan

Pembahasan soal-soal matematika ruang lingkup ALJABAR   untuk SMP ini, merupakan pilihan soal-soal yang diujikan dan  diperoleh dari  soal  Ujian Sekolah matematika SMP, soal Ujian Nasional matematika SMP, atau soal ujian lainnya.


BENTUK ALJABAR

Bentuk Aljabar dikenali dari bentuk persamaannyaa yang sudah terdapat oleh huruf atau variabel, angka atau koefisien serta bilangan tetap atau konstanta. Konstanta sifatnya berdiri sendiri tidak mengandung unsur huruf. Bentuk aljabar dapat terdiri dari beberapa suku yang dipisahkan dengan tanda penjumlahan. 

  • Misalnya $7a+5b-3$ adalah bentuk aljabar;
    • terdiri dari $3$ suku yaitu $7a,\ 5b,$ dan $-3$;
    • terdapat $2$ variabel yaitu $a$ dan $b$;
    • $7$ adalah koefisien $a$;
    • $5$ adalah koefisien $b$;
    • $-3$ adalah konstanta.

PENJUMLAHAN DAN PENGURANGAN BENTUK ALJABAR


Pada bentuk aljabar dapat dilakukan operasi penjumlahan atau pengurangan terhadap suku-suku yang variabelnya sama. Operasi aljabar tetap memperhatikan urutan hirarki (urutan tingkatan) pada operasi bilangan.
Misalnya:
$ \begin{align} & 6x+12y-10z-3x+5y+2z \\ &= 6x-3x+12y+5y-10z+2z \\ &= 3x+7y-8z \end{align}$


PERKALIAN BENTUK ALJABAR


  • Perkalian satu suku dengan satu suku
    $ \begin{align} & 2a \cdot 3b \\ &= 6ab \end{align}$
  • Perkalian satu suku dengan dua suku
    $ \begin{align} & 2a \cdot \left(3b+4c \right) \\ &= 2a \cdot 3b + 2a \cdot 4c \\ &= 6ab + 8ac \end{align}$
  • Perkalian dua suku dengan dua suku
    $ \begin{align} & \left(a+2b \right) \cdot \left(3c+4d \right) \\ &= a \cdot 3c + a \cdot 4d + 2b \cdot 3c + 2b \cdot 4d \\ &= 3ac + 4ad + 6bc + 8bd \end{align}$

PEMBAGIAN BENTUK ALJABAR


Cara kerja pembagian bentuk aljabar, proses dapat kita bayangkan seperti menyederhanakan pecahan.

  • Contoh 1:
    $ \begin{align} 12abc : 3a &= \dfrac{12abc}{3a} \\ &= \dfrac{12a}{3a} \cdot \dfrac{bc}{1}=4bc \end{align}$
  • Contoh 2:
    $ \begin{align} & \left( 3ac + 4ad + 6bc + 8bd \right) : \left(3c+4d \right) \\ &= \dfrac{3ac + 4ad + 6bc + 8bd }{3c+4d } \\ &= \dfrac{\left(a+2b \right) \cdot \left(3c+4d \right)}{\left(3c+4d \right)} \\ &= \dfrac{\left( a+2b \right)}{1} = a+2b \end{align}$

PEMFAKTORAN BENTUK ALJABAR


Pemfaktoran bentuk aljabar adalah kebalikan dari perkalian bentuk aljabar.

  • Bentuk $6ab + 8ac$ dapat difaktorkan menjadi $2a \cdot \left(3b+4c \right)$
  • Bentuk $3ac + 4ad + 6bc + 8bd$ dapat difaktorkan menjadi $\left(a+2b \right) \left(3c+4d \right)$

SOAL-SOAL LATIHAN dan PEMBAHASAN 

1. Soal UNBK Matematika SMP 2019

Bentuk sederhana dari $4x+12y-10z-8x+5y-7z$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -12x+12y-3z \\
(B)\ & -4x+17y-17z \\
(C)\ & 4x+7y-17z \\
(D)\ & 12x+12y+17z
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& 4x+12y-10z-8x+5y-7z \\
& = 4x+12y-10z-8x+5y-7z \\
& = 4x-8x+12y+5y-10z-7z \\
& = -4x+17y-17z
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -4x+17y-17z$


2. Soal Simulasi UNBK Matematika SMP 2019 

Bentuk sederhana dari $6a-12b-5c-7b+2c-2a$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -4a+19b-3c \\
(B)\ & 4a-19b-3c \\
(C)\ & 4a+19b-3c \\
(D)\ & 8a-19b-3c
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& 6a-12b-5c-7b+2c-2a \\
& = 6a-2a-12b-7b+2c-5c \\
& = 4a-19b-3c
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 4a-19b-3c$


3. Soal UNBK Matematika SMP 2018

Hasil dari $5x - 6y + 7z - 6x - 4y - 2z$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 11x-10y+9z \\
(B)\ & 5x-9y+7z \\
(C)\ & x-10y+5z \\
(D)\ & -x-10y+5z
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& 5x - 6y + 7z - 6x - 4y - 2z \\
& = 5x- 6x - 6y - 4y + 7z - 2z \\
& = -x-10y+5z
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ -x-10y+5z$


4. Soal Simulasi UNBK Matematika SMP 2018 

Perhatikan pernyataan berikut!
$I. 4x^{2}-9=(2x+3)(2x-3)$
$II. 2x^{2}+x-3=(2x-3)(x+1)$
$III. x^{2}+x-6=(x+3)(x-2)$
$IV. x^{2}+4x-5=(x-5)(x+1)$
Pernyataan yang benar adalah...
$\begin{align} (A)\ & I\ \text{dan}\ II \\ (B)\ & II\ \text{dan}\ III \\ (C)\ & I\ \text{dan}\ III \\ (D)\ & II\ \text{dan}\ IV
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memastikan kebenaran pernyataan diatas, kita coba satu per satu.

$\begin{align} & I.\ (2x+3)(2x-3)\\
&= (2x)(2x)-(2x)(3)+(3)(2x)-(3)(3) \\ &= 4x^{2}-6x+6x-9 \\ &= 4x^{2}-9\ \text{(Pernyataan I Benar)} \\ \hline \\ &II.\ (2x-3)(x+1)\\
&= (2x)(x)+(2x)(1)-(3)(x)-(3)(1) \\ &= 2x^{2}+2x-3x-3 \\ &= 4x^{2}-x-3\ \text{(Pernyataan II Salah)}\\ \hline \\ &III.\ (x+3)(x-2)\\
&= (x)(x)-(x)(2)+(3)(x)-(3)(2) \\ &= x^{2}-2x+3x-6 \\ &= x^{2}+x-6\ \text{Pernyataan III Benar)}\\ \hline \\ &IV.\ (x-5)(x+1)\\
&= (x)(x)+(x)(1)-(5)(x)-(5)(1) \\ &= x^{2}+x-5x-5 \\ &= x^{2}-4x-5\ \text{(Pernyataan IV Salah)}\\ \hline \end{align}$

Pernyataan yang benar pada soal adalah $I$ dan $III$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ I\ \text{dan}\ III$


5. Soal Aljabar

Manakah dibawah ini yang merupakan identitas
$\begin{align}
(A)\ & (a-b)(a+b)=a^{2}-b^{2} \\ (B)\ & a^{2}-b^{2}=(a-b)^{2} \\ (C)\ & a^{2}+b^{2}=(a+b)^{2} \\ (D)\ & (ab)^{2}=a^{2}+ab^{2} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari sifat-sifat bilangan berpangkat dapat kita peroleh yang merupakan identitas adalah $(a-b)(a+b)=a^{2}-b^{2}$.
$\begin{align}
(a+b)(a-b) & = a^{2}-b^{2} \\ (a+b)^{2} & = a^{2}+b^{2}+2ab \\ (a-b)^{2} & = a^{2}+b^{2}-2ab \\ (ab)^{2} & = a^{2} \times b^{2}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ (a-b)(a+b)=a^{2}-b^{2}$


6. Soal Aljabar

Bentuk paling sederhana dari $\dfrac{2x^{2}+5x-12}{4x^{2}-9}$ adalah...
$\begin{align} (A)\ & \dfrac{x+4}{2x-3} \\ (B)\ & \dfrac{x-4}{2x+3} \\ (C)\ & \dfrac{x-4}{2x-3} \\ (D)\ & \dfrac{x+4}{2x+3} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& \dfrac{2x^{2}+5x-12}{4x^{2}-9} \\ & = \dfrac{(2x-3)(x+4)}{(2x-3)(2x+3)} \\ & = \dfrac{ (x+4)}{ (2x+3)}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ \dfrac{x+4}{2x+3}$


7. Soal Aljabar

Hasil dari $\dfrac{3}{2x}+\dfrac{4}{x+2}$ adalah...
$\begin{align} (A)\ & \dfrac{8x+2}{2x(x+2)} \\ (B)\ & \dfrac{9x+2}{2x(x+2)} \\ (C)\ & \dfrac{11x+6}{2x(x+2)} \\ (D)\ & \dfrac{11x+7}{2x(x+2)} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align} & \dfrac{3}{2x}+\dfrac{4}{x+2} \\ & = \dfrac{3(x+2)+4(2x)}{2x(x+2)} \\ & = \dfrac{3x+6+8x }{2x(x+2)} \\ & = \dfrac{11x+6 }{2x(x+2)} \end{align}$


$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ \dfrac{11x+6}{2x(x+2)}$


8. Soal Aljabar

Bentuk $\left(x-\dfrac{1}{x} \right)^{2}$ dapat dijabarkan menjadi...
$\begin{align}
(A)\ & x^{2}+\dfrac{1}{x^{2}}-2 \\ (B)\ & x^{2}+\dfrac{1}{x^{2}}+2 \\ (C)\ & x^{2}-\dfrac{1}{x^{2}}+2 \\ (D)\ & x^{2}-\dfrac{1}{x^{2}}-2
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
\left(x-\dfrac{1}{x} \right)^{2} & = \left(x-\dfrac{1}{x} \right) \left(x-\dfrac{1}{x} \right) \\ & = x^{2}-2(x)\left(\dfrac{1}{x} \right)+\left(\dfrac{1}{x} \right)^{2} \\ & = x^{2}-2+\dfrac{1}{x^{2}} \\ & = x^{2}+\dfrac{1}{x^{2}}-2
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ x^{2}+\dfrac{1}{x^{2}}-2$


9. Soal Aljabar

Hasil pengurangan $\dfrac{3}{a-b}-\dfrac{2}{a+b}$ adalah..
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{a-5b}{a^{2}-b^{2}} \\ (B)\ & \dfrac{a-5b}{(a-b)^{2}} \\ (C)\ & \dfrac{a+5b}{a^{2}+b^{2}} \\ (D)\ & \dfrac{a-5b}{(a+b)^{2}}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& \dfrac{3}{a-b}-\dfrac{2}{a+b} \\ & = \dfrac{3(a+b)}{(a-b)(a+b)}-\dfrac{2(a-b)}{(a-b)(a+b)} \\ & = \dfrac{3a+3b-2a+2b }{(a-b)(a+b)} \\ & = \dfrac{a-5b }{a^{2}-b^{2}}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ \dfrac{a-5b}{a^{2}-b^{2}}$


10. Soal Aljabar

Penyederhanaan bentuk $(2x+3)^{2}-(x-2)^{2}$, adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 3x^{2}+8x+13 \\ (B)\ & 3x^{2}+16x+5 \\ (C)\ & 3x^{2}+4x+13 \\ (D)\ & 3x^{2}+8x+5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari sifat-sifat bilangan berpangkat dapat kita peroleh:
$\begin{align}
& (2x+3)^{2}-(x-2)^{2} \\ & = 4x^{2}+12x+9-(x^2-4x+4) \\ & = 4x^{2}+12x+9-x^{2}+4x-4) \\ & = 3x^{2}+16x+5 \\ \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ 3x^{2}+16x+5$


11. Soal Aljabar

Pemfaktoran bentuk kuadrat $x^{2}-3ax+2a^{2}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (x-2a)(x+a) \\ (B)\ & (x+2a)(x+a) \\ (C)\ & (x-2a)(x-a) \\ (D)\ & (x+2a)(x-a)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika sudah terbiasa memfaktorkan persamaan kuadrat maka kita bisa melakukannya dengan cepat.

Untuk soal diatas kita kerjakan dengan cara yang slowly, mari kita mulai;
$\begin{align}
& x^{2}-3ax+2a^{2} \\ & = x^{2}-ax-2ax+2a^{2} \\ & = x^{2}-ax -2ax+2a^{2} \\ & = x(x-a)-2a(x-a) \\ & = (x-2a) (x-a) \\ \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ (x-2a)(x-a)$


12. Soal Aljabar

Hasil pengurangan $3x-4$ dari $2x+5$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 5x+9 \\ (B)\ & -5x+1 \\ (C)\ & x+1 \\ (D)\ & -x+9
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Hasil pengurangan $3x-4$ dari $2x+5$ jika kita tuliskan dengan menggunakan operasi aljabar, penulisannya kurang lebih seperti berikut ini:
$\begin{align}
& (2x+5)-(3x-4) \\ & = 2x+5-3x+4 \\ & = -x+9
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ -x+9$


13. Soal Aljabar

Bentuk sederhana dari $\dfrac{2x^{2}-3x-9}{4x^{2}-9}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{x+3}{2x+3} \\
(B)\ & \dfrac{x+3}{2x-3} \\
(C)\ & \dfrac{x-3}{2x-3} \\
(D)\ & \dfrac{x-3}{2x+3}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& \dfrac{2x^{2}-3x-9}{4x^{2}-9} \\
&= \dfrac{\left(2x+3 \right)\left(x-3 \right)}{\left(2x+3 \right)\left(2x-3 \right)} \\
&= \dfrac{ \left(x-3 \right)}{\left(2x-3 \right)}
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ \dfrac{x-3}{2x-3}$


14. Soal Aljabar

Untuk $x\neq 1$, maka bentuk $\dfrac{x^{2}-1}{x-1}$ dapat disederhanakan menjadi...
$\begin{align}
(A)\ & x \\ (B)\ & 2x \\ (C)\ & x-1 \\ (D)\ & x+1
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
\dfrac{x^{2}-1}{x-1} & = \dfrac{(x+1)(x-1)}{x-1} \\ & = (x+1) \dfrac{(x-1)}{x-1} \\ & = (x+1)
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ x+1$


15. Soal Aljabar

Bentuk $\dfrac{(x+y)^{2}-2xy}{xy}$ sama dengan:
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{x}{y}+\dfrac{y}{x} \\ (B)\ & \dfrac{x}{y}-\dfrac{y}{x} \\ (C)\ & \dfrac{y}{x}-\dfrac{x}{y} \\ (D)\ & \dfrac{1}{x}-\dfrac{1}{y} \\ \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
\dfrac{(x+y)^{2}-2xy}{xy} & = \dfrac{x^{2}+y^{2}+2xy-2xy}{xy} \\ & = \dfrac{x^{2}+y^{2}}{xy} \\ & = \dfrac{x^{2}}{xy} + \dfrac{y^{2}}{xy} \\ & = \dfrac{x}{y} + \dfrac{y}{x} \\ \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \dfrac{x}{y} + \dfrac{y}{x}$


16. Soal Aljabar

$2x^{2}+5x-3$ dapat difaktorkan dalam bentuk $(ax+b)(cx+d)$ maka $a+b+c+d=\cdots$
$\begin{align}
(A)\ & 2 \\ (B)\ & 3 \\ (C)\ & 4 \\ (D)\ & 5
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan mengunakan cara memfaktorkan persamaan kuadrat dapat kita peroleh:
$\begin{align}
2x^{2}+5x-3 & = (2x-1)(x+3) \\ & = 2x^{2}+6x-x-3 \\ & = 2x(x+3)-x-3 \\ & = 2x(x+3)-(x+3) \\ & = (2x-1)(x+3)
\end{align}$
Nilai $a+b+c+d$ adalah $2-1+1+3=5$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 5$


17. Soal UN Matematika SMP 2018 

Bentuk sederhana dari $5ab+4bc-3ac-2ac-8bc-ab$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4ab-4bc-5ac \\
(B)\ & 4ab+2bc-11ac \\
(C)\ & 6ab-2bc+5ac \\
(D)\ & 6ab+4bc+5ac \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:

$\begin{align}
& 5ab+4bc-3ac-2ac-8bc-ab \\ & = 5ab-ab+4bc-8bc-3ac-2ac \\ & = 4ab-4bc-5ac \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 4ab-4bc-5ac$


18. Soal UN Matematika SMP 2017 

Bentuk sederhana dari $2pq+3pr-4qr-6pq-7pr+10qr$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -4pq+4pr-6qr \\
(B)\ & -4pq-4pr+6qr \\
(C)\ & 8pq+10pr-14qr \\
(D)\ & 8pq-10pr+14qr \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:

$\begin{align}
& 2pq+3pr-4qr-6pq-7pr+10qr \\ & = 2pq-6pq+3pr-7pr-4qr+10qr \\ & = -4pq -4pr +6qr \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -4pq-4pr+6qr$


19. Soal UN Matematika SMP 2014 

Perhatikan pernyataan di bawah ini:
$(i)\ 2a^{2}-3ab=a(2a-3b)$
$(ii)\ x^{2}-9=(x-3)(x-3)$
$(iii)\ 2x^{2}+2x-12=(2x-4)(x+3)$
Dari pemfaktoran bentuk di atas yang benar adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (i)\ \text{dan}\ (ii) \\ (B)\ & (ii)\ \text{dan}\ (iii) \\ (C)\ & (i)\ \text{dan}\ (iii) \\ (D)\ & (iii)\ \text{saja} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memastikan kebenaran pernyataan diatas, kita coba satu per satu.

$\begin{align} & (i)\ a(2a-3b)\\
&= (a)(2a)-(a)(3b) \\ &= 2a^{2}-3ab\ \text{(Pernyataan (i) Benar)} \\ \hline \\ & (ii)\ (x-3)(x-3)\\
&= (x)(x)+(x)(-3)+(-3)(x)+(-3)(-3) \\ &= x^{2}-3x-3x+9 \\ &= x^{2}-6x+9\ \text{(Pernyataan (ii) Salah)} \\ \hline \\ & (iii)\ (2x-4)(x+3)\\
&= (2x)(x)+(2x)(3)+(-4)(x)+(-4)(3) \\ &= 2x^{2}+6x-4x-12 \\ &= 2x^{2}+2x-12\ \text{(Pernyataan (iii) Benar)} \\ \hline \end{align}$

Pernyataan yang benar pada soal adalah $(i)$ dan $(iii)$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ (i)\ \text{dan}\ (iii)$


20. Soal UN Matematika SMP 2013 

Perhatikan pernyataan di bawah ini:
$(i)\ 12x^{2}-14x=2x(6x-7)$
$(ii)\ 6x^{2}+x-21=(3x+7)(2x-3)$
$(iii)\ 2x^{2}-5x-25=(2x+5)(x-5)$
$(iv)\ 10x^{2}-41x+27=(2x-9)(5x-3)$
Pernyataan yang benar adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (i)\ \text{dan}\ (ii) \\ (B)\ & (ii)\ \text{dan}\ (iii) \\ (C)\ & (iii)\ \text{dan}\ (iv) \\ (D)\ & (i)\ \text{dan}\ (iii) \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Untuk memastikan kebenaran pernyataan diatas, kita coba satu per satu.

$\begin{align} & (i)\ 2x(6x-7)\\
&= (2x)(6x)-(2x)(7) \\ &= 22x^{2}-14x\ \text{(Pernyataan (i) Benar)} \\ \hline \\ &(ii)\ (3x+7)(2x-3)\\
&= (3x)(2x)+(3x)(-3)+(7)(2x)+(7)(-3) \\ &= 6x^{2}-9x+14x-21 \\ &= 6x^{2}+5x-21\ \text{(Pernyataan (ii) Salah)} \\ \hline \\ &(iii)\ (2x+5)(x-5)\\
&= (2x)(x)+(2x)(-5)+(5)(x)+(5)(-5) \\ &= 2x^{2}-10x+5x-25 \\ &= 2x^{2}-5x-25\ \text{(Pernyataan (iii) Benar)} \\ \hline \\ &(iv)\ (2x-9)(5x-3)\\
&= (2x)(5x)+(2x)(-3)+(-9)(5x)+(-9)(-3) \\ &= 10x^{2}-6x-45x+27 \\ &= 10x^{2}-51x+27\ \text{(Pernyataan (iv) Salah)} \\ \hline \end{align}$

Pernyataan yang benar pada soal adalah $(i)$ dan $(iii)$.

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ (i)\ \text{dan}\ (iii)$


21. Soal UN Matematika SMP 2012 

Faktor dari $49p^{2}-64q^{2}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & (7p-8q)(7p-8q) \\ (B)\ & (7p+16q)(7p-4q) \\ (C)\ & (7p+8q)(7p-8q) \\ (D)\ & (7p+4q)(7p-16q)
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Jika sudah terbiasa memfaktorkan persamaan kuadrat maka kita bisa melakukannya dengan cepat. J

Untuk soal diatas kita kerjakan dengan cara yang slowly, mari kita mulai;
$\begin{align}
& 49p^{2}-64q^{2} \\ & =(7p)(7p)-(8q)(8q) \\ & =(7p)(7p)-(8q)(8q)+(7p)(8q)-(7p)(8q) \\ & =(7p)(7p)+(7p)(8q)-(8q)(8q) -(7p)(8q) \\ & =(7p) \left[(7p)+ (8q) \right]-(8q) \left[(7p)+ (8q) \right] \\ & = \left((7p) - (8q) \right) \left[(7p)+ (8q) \right] \\ & = (7p-8q)(7p+8q) \\ \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ (7p-8q)(7p+8q) $


22. Soal UN Matematika SMP 2011 

Hasil dari $\left( -8m^{2}n^{3} \right) \times \left( 2k^{3}n^{4} \right)$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -16k^{3} m^{2} n^{12} \\ (B)\ & -16k^{3} m^{2} n^{7} \\ (C)\ & 16k^{3} m^{2} n^{12} \\ (D)\ & 16k^{3} m^{2} n^{7} \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dengan menggunakan sifat-sifat bilangan berpangkat dapat kita peroleh:

$\begin{align}
& \left( -8m^{2}n^{3} \right) \times \left( 2k^{3}n^{4} \right) \\ & = -8 \times 2 \times k^{3} \times m^{2} \times n^{3} \times n^{4} \\ & = -16 \times k^{3} \times m^{2} \times n^{3+4} \\ & = -16 k^{3} m^{2} n^{7} \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -16 k^{3} m^{2} n^{7} $


23. Soal UN Matematika SMP 2011 

Diketahui $A=-7x+5$ dan $B=2x-3$. Nilai $A-B$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -9x+2 \\ (B)\ & -9x+8 \\ (C)\ & -5x+2 \\ (D)\ & -5x+8 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:

$\begin{align}
A-B &= (-7x+5)-(2x-3) \\ & = -7x+5-2x+3 \\ & = -9x+8 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -9x+8$


24. Soal UN Matematika SMP 2011 |

Hasil dari $\left( 2a-2 \right)^{2}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 4a^{2}-4a-4 \\ (B)\ & 4a^{2}-4a+4 \\ (C)\ & 4a^{2}-8a-4 \\ (D)\ & 4a^{2}-8a-4 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& \left( 2a-2 \right)^{2} \\ & = \left( 2a-2 \right) \left( 2a-2 \right) \\ & = (2a)(2a)+(2a)(-2)+(-2)(2a)+(-2)(-2) \\ & = 4a^{2} -4a-4a+4 \\ & = 4a^{2} -8a+4 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 4a^{2} -8a+4$


25. Soal UN Matematika SMP 2010 

Hasil dari $\left( 2x-2 \right)\left( x+5 \right)$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & 2x^{2}-12x-10 \\ (B)\ & 2x^{2}+12x-10 \\ (C)\ & 2x^{2}+8x-10 \\ (D)\ & 2x^{2}-8x-10 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& \left( 2x-2 \right)\left( x+5 \right) \\ & = (2x)(x)+(2x)(5)+(-2)(x)+(-2)(5) \\ & = 2x^{2}+10x-2x-10 \\ & = 2x^{2}+8x-10 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(C)\ 2x^{2}+8x-10$


26. Soal UN Matematika SMP 2010 

Hasil dari $3\left( x+2 \right)-5x-5$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & -2x-1 \\ (B)\ & -2x+1 \\ (C)\ & 2x-1 \\ (D)\ & 2x+1 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:
$\begin{align}
& 3\left( x+2 \right)-5x-5 \\ & = 3x+6 -5x-5 \\ & = 3x-5x+6-5 \\ & = -2x+1 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ -2x+1$


27. Soal UN Matematika SMP 2010 

Bentuk sederhana dari $\dfrac{2x^{2}-5x-12}{4x^{2}-9}$ adalah...
$\begin{align}
(A)\ & \dfrac{x+4}{2x-3} \\
(B)\ & \dfrac{x-4}{2x-3} \\
(C)\ & \dfrac{x+4}{2x+9} \\
(D)\ & \dfrac{x-4}{2x-9}
\end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Berdasarkan informasi pada soal dan menggunakan sifat-sifat bentuk aljabar kita peroleh:

$\begin{align}
& \dfrac{2x^{2}-5x-12}{4x^{2}-9} \\
&= \dfrac{\left(2x+3 \right)\left(x-4 \right)}{\left(2x+3 \right)\left(2x-3 \right)} \\
&= \dfrac{ \left(x-4 \right)}{\left(2x-3 \right)} \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(B)\ \dfrac{ \left(x-4 \right)}{\left(2x-3 \right)}$


28. Soal Simulasi US Matematika SMP |

Misalkan $b$ dan $c$ merupakan bilangan real yang memenuhi
$\left( x+3 \right)\left( x+b \right) = x^{2}+cx+6$,
untuk setiap bilangan real $x$ maka nilai $c$ adalah...
$\begin{align} (A)\ & -5 \\ (B)\ & -3 \\ (C)\ & 3 \\ (D)\ & 5 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal dan menggunakan beberapa sifat-sifat aljabar, maka dapat kita peroleh.
$\begin{align} \left( x+3 \right)\left( x+b \right) & = x^{2}+cx+6 \\ x^{2}+bx+3x+3b & = x^{2}+cx+6 \\ x^{2}+\left( b+3 \right)x+3b & = x^{2}+cx+6 \end{align}$

Dari kesamaan bentuk di atas kita peroleh.
$\begin{align} 3b & = 6 \\ b & = \dfrac{6}{3}=2 \\ \hline c & = b+3 \\ c & = 2+3=5 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 5$


29. Soal OSN-K Matematika SMP 2019 

Jika $x=2p-4q$ dan $y=-p+2q$, maka nilai $\dfrac{2x^{2}-3xy+y^{2}}{x^{2}-y^{2}}$ adalah...
$\begin{align} (A)\ & \dfrac{1}{5} \\ (B)\ & \dfrac{1}{3} \\ (C)\ & 3 \\ (D)\ & 5 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Diketahui $x=2p-4q$ dan $y=-p+2q$ sehingga dapat kita peroleh.
$\begin{align} x & = 2p-4q \\ x & = 2 \left( p-2q \right) \\ x & = -2 \left( -p+2q \right) \\ x & = -2y \end{align}$

$\begin{align} \dfrac{2x^{2}-3xy+y^{2}}{x^{2}-y^{2}} & = \dfrac{2\left( -2y \right)^{2}-3\left( -2y \right)y+y^{2}}{\left( -2y \right)^{2}-y^{2}} \\ & = \dfrac{2\left( 4y^{2} \right) -3\left( -2y^{2} \right) +y^{2}}{4y^{2}-y^{2}} \\ & = \dfrac{ 8y^{2} +6y^{2} +y^{2}}{3y^{2}} \\ & = \dfrac{ 15y^{2}}{3y^{2}} \\ & = 5 \end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(D)\ 5$


30. Soal OSN-K Matematika SMP 2019 

Diketahui $xy+2x+y=10$ dengan $x,y$ bilangan bulat positif. Nilai minimum dari $x+y$ adalah...
$\begin{align} (A)\ & 4 \\ (B)\ & 5 \\ (C)\ & 8 \\ (D)\ & 10 \end{align}$
Alternatif Pembahasan:

Dari informasi pada soal diketahui $x$ dan $y$ merupakan bilangan bulat positif untuk $xy+2x+y=10$, maka dapat kita peroleh.
$\begin{align} xy+2x+y & = 10 \\ xy+y & = 10-2x \\ y \left( x + 1 \right) & = 10-2x \\ y & = \dfrac{10-2x}{x+1} \\ y & = \dfrac{10}{x+1}-\dfrac{2x}{x+1} \\ y & = \dfrac{10}{x+1}-\dfrac{2(x+1)-2}{x+1} \\ y & = \dfrac{10}{x+1}-\dfrac{2(x+1)}{x+1}+\dfrac{2}{x+1} \\ y & = \dfrac{10}{x+1}-2+\dfrac{2}{x+1} \\ y & = \dfrac{12}{x+1}-2 \end{align}$

Karena $y$ merupakan bilangan bulat positif maka $\dfrac{12}{x+1}$ juga harus bilangan bulat positif. Nilai $x$ yang mengakibatkan $\dfrac{12}{x+1}$ jadi bilangan bulat positif adalah saat $x=1$, $x=2$, $x=3$, atau $x=5$.

  • Untuk $x=1$ maka $y=\dfrac{12}{1+1}-2=4$, nilai $x+y=5$
  • Untuk $x=2$ maka $y=\dfrac{12}{2+1}-2=2$, nilai $x+y=4$
  • Untuk $x=3$ maka $y=\dfrac{12}{3+1}-2=1$, nilai $x+y=4$
  • Untuk $x=5$ maka $y=\dfrac{12}{5+1}-2=0$, nilai $x+y=5$

Alternatif lain:
Untuk $xy+2x+y=10$ dengan $x$ dan $y$ bilangan bulat positif, maka nilai minimum dari $x+y$ terjadi untuk $x$ atau $y$ bilangan bulat terkecil.

Untuk $x=1$ maka:
$\begin{align}
xy+2x+y & = 10 \\
y+2 +y & = 10 \\
y & = 4 \\
x+y & = 5
\end{align}$

Untuk $y=1$ maka:
$\begin{align}
xy+2x+y & = 10 \\
x+2x +1 & = 10 \\
x & = 3 \\
x+y & = 4
\end{align}$

$\therefore$ Pilihan yang sesuai adalah $(A)\ 4$




Post a Comment

Post a Comment