yrDJooVjUUVjPPmgydgdYJNMEAXQXw13gYAIRnOQ
Bookmark

INSTRUMEN SUPERVISI GURU 2021

INSTRUMEN SUPERVISI GURU 2021, oleh pengawas sekolah, yang diisi, dan diupload ke website kemendikud via online. Berikut data-data yang dikirimkan.

INSTRUMEN SUPERVISI GURU 2021

 

1A. Data Sekolah

> 

2B. Data Responden

> 

31

> 

42

> 

53

·         A. Data Sekolah

·         Nama Sekolah *

·         NPSN *

·         Kabupaten/Kota *

·         Provinsi *

·         Pengawas *

·         B. Data Responden

·         Nama *

·         NIP/NUPTK

·         Pangkat/Golongan *

·         Lama Mengajar (Tahun) *

·         Guru Kelas/Mapel *

·         No Ponsel *

·          

  • Petunjuk Pengisian

1. Bacalah setiap indikator dengan cermat dan teliti
2. Tentukan jenjang kompetensi Anda berdasarkan kondisi yang sebenarnya atau mendekati salah satu dari empat jenjang kompetensi yang ada, dengan cara memberikan checklist pada salah satu kolom “ Berkembang (1), Layak (2), Cakap (3) atau Mahir (4)
3. Berkembang (1) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif tapi belum konsisten
Layak (2) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten
Cakap (3) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya
Mahir (4) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya serta mampu menggerakkan rekan sejawat lainnya dalam penguasaan indikator
4. Pada kolom keterangan tuliskan kode indikator yang masih perlu peningkatan (misal a atau b)

  • C. Pernyataan/pertanyaan

1. Kategori: Pengetahuan Profesional
1.1. Kompetensi: Menganalisis struktur dan alur pengetahuan untuk pembelajaran dengan indikator sebagai berikut:
a. Menjelaskan konsep, materi, dan struktur dari suatu disiplin ilmu yang relevan
b. Menganalisis prasyarat untuk menguasai konsep dari suatu disiplin ilmu
c. Menjelaskan keterkaitan suatu konsep dengan konsep yang lain
d. Mengevaluasi konsep, struktur, dan materi pada kurikulum

  • Berdasarkan empat indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 1.2. Menjabarkan tahap penguasaan kompetensi murid dengan indikator sebagai berikut:
    a. Menjelaskan proses belajar yang dialami murid
    b. Menjelaskan kebutuhan murid termasuk murid berkebutuhan khusus
    c. Mengidentifikasi tahap perkembangan dan latar belakang murid
    d. Menjabarkan tahap penguasaan kompetensi dari disiplin tertentu
  • Berdasarkan empat indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 1.3. Menetapkan tujuan belajar sesuai karakteristik murid, kurikulum, dan profil pelajar Pancasila dengan indikator sebagai berikut:
    a. Menganalisis perkembangan murid, kurikulum,dan profil pelajar Pancasila
    b. Menetapkan urutan hasil belajar sesuai dengan tahap penguasaan kompetensi murid
    c. Merumuskan tujuan belajar yang dapat diukur dan menunjukkan capaian murid
    d. Memastikan tujuan belajar yang mencakup keragaman perkembangan murid
  • Berdasarkan empat indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  •  
  • Petunjuk Pengisian

1. Bacalah setiap indikator dengan cermat dan teliti


2. Tentukan jenjang kompetensi Anda berdasarkan kondisi yang sebenarnya atau mendekati salah satu dari empat jenjang kompetensi yang ada, dengan cara memberikan checklist pada salah satu kolom “ Berkembang (1), Layak (2), Cakap (3) atau Mahir (4)


3. Berkembang (1) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif tapi belum konsisten
Layak (2) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten
Cakap (3) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya
Mahir (4) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya serta mampu menggerakkan rekan sejawat lainnya dalam penguasaan indikator


4. Pada kolom keterangan tuliskan kode indikator yang masih perlu peningkatan (misal a atau b)

  • 2. Praktik Pembelajaran Profesional
    2.1. Mengembangkan lingkungan kelas yang memfasilitasi murid belajar secara aman dan nyaman dengan indikator sebagai berikut:
    a. Melakukan dan mendorong praktik komunikasi positif di lingkungan belajar
    b. Mengikutsertakan murid dalam perencanaan, pelaksanaan, dan refleksi belajar
    c. Mengembangkan kesepakatan dan kebiasaan positif di lingkungan belajar
    d. Membangun kepercayaan diri dan menanamkan harapan yang tinggi pada murid
    e. Memotivasi murid berdasarkan konsep motivasi intrinsik
    f. Mengelola perilaku murid yang sulit dengan tetap menghargai hak anak tersebut
  • Berdasarkan enam indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 2.2. Menyusun desain, melaksanakan, dan merefleksikan pembelajaran yang efektif dengan indikator sebagai berikut:
    a. Menyusun desain pembelajaran sesuai dengan tujuan, bermakna, dan mengikutsertakan murid
    b. Memastikan desain pembelajaran yang diusun relevan dengan tantangan di sekitar seolah
    c. Melaksanakan pembelajaran yang dinamis dan menumbuhan kegemaran belajar murid
    d. Melaksanakan pembelajaran yang menumbuhkan kemampuan bernalar kritis murid
    e. Merefleksikan desain dan praktik pembelajaran serta menindaklanjutinya
  • Berdasarkan lima indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 2.3. Melakukan asesmen, memberi umpan balik, dan menyampaikan laporan belajar dengan indikator sebagai berikut:
    a. Merancang asesmen sesuai dengan tujuan dan bermakna bagi murid
    b. Melakukan asesmen secara obyektif dan relevan bagi murid
    c. Memberi umpan balik yang spesifik dan bermakna bagi murid Menyusun laporan belajar yang relevan dan mudah dipahami
    d. Menyampaikan laporan belajar melalui komunikasi yang dialogis
    e. Menganalisis hasil asesmen sebagai bahan untuk perbaikan pembelajaran
  • Berdasarkan lima indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 2.4. Mengikutsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran dengan indikator sebagai berikut:
    a. Membangun komunikasi dan interaksi positif dengan orang tua/wali murid dan masyarakat
    b. Merancang dan melaksanakan pembelajaran yang mengiktsertakan orang tua/wali murid dan masyarakat
    c. Menyediakan peran yang relevan dan bermakna bagi orang tua/wali murid dan masyarakat dalam pembelajaran
  • Berdasarkan tiga indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  •  
  • Petunjuk Pengisian

1. Bacalah setiap indikator dengan cermat dan teliti
2. Tentukan jenjang kompetensi Anda berdasarkan kondisi yang sebenarnya atau mendekati salah satu dari empat jenjang kompetensi yang ada, dengan cara memberikan checklist pada salah satu kolom “ Berkembang (1), Layak (2), Cakap (3) atau Mahir (4)
3. Berkembang (1) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif tapi belum konsisten
Layak (2) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten
Cakap (3) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya
Mahir (4) = Jika semua indikator dilakukan dengan efektif dan konsisten dan terdapat pengembangan (inovasi) dalam pelaksanaannya serta mampu menggerakkan rekan sejawat lainnya dalam penguasaan indikator
4. Pada kolom keterangan tuliskan kode indikator yang masih perlu peningkatan (misal a atau b)

  • 3. Pengembangan Profesi
    3.1. Menunjukkan kebiasaan refleksi untuk pengembangan diri secara mandiri dengan indikator sebagai berikut:
    a. Melakukan refleksi terhadap praktik pembelajaran dan pendidikan
    b. Menemukan aspek kekuatan dan kelemahan sebagai guru
    c. Menetapkan tujuan dan rencana pengembangan diri
    d. Menentukan cara dan beradaptasi dalam melakukan pengembangan diri
  • Berdasarkan empat indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 3.2. Menunjukkan kematangan spiritual, moral, dan emosi untuk berperilaku sesuai dengan kode etik guru dengan indikator sebagai berikut:
    a. Mengaktualisasikan makna, tujuan, dan pandangan hidup guru berdasarkan keyakinannya terhadap Tuhan Yang Maha Esa
    b. Mengelola emosi agar berdampak positif terhadap fungsi dan perannya sebagai guru
    c. Menggunakan prinsip moral dalam pengambilan keputusan
    d. Melaksanakan pembelajaran sesuai dengan perilaku kerja yang mengacu pada kode etik guru
    e. Menerapkan strategi untuk menghindari pelanggaran kode etik guru dan konflik kepentingan
  • Berdasarkan lima indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 3.3. Menunjukkan praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak dengan indikator sebagai berikut:
    a. Melakukan interaksi aktif dengan menjaga dan menghormati hak anak
    b. Menunjukkan kepedulian terhadap keselamatan dan keamanan anak, baik sebagai individu maupun kelompok
    c. Melakukan refleksi praktik dan kebiasaan bekerja yang berorientasi pada anak
  • Berdasarkan tiga indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 3.4. Melakukan pengembangan potensi secara gotong royong untuk menumbuhkan perilaku kerja dengan indikator sebagai berikut:
    a. Mengenali dan menghormati perbedaan dalam konteks kebinekaan
    b. Mengakui dan menerima keberagaman kebutuhan pengembangan potensi orang lain
    c. Merencanakan dan melaksanakan pengembangan potensi secara kolaboratif
    d. Melakukan refleksi terhadap aktivitas kolaborasi pengembangan potensi
    e. Menerapkan hasil pengembangan potensi untuk menumbuhkan perilaku kerja
  • Berdasarkan lima indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  • 3.5. Berpartisipasi aktif dalam jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier dengan indikator sebagai berikut:
    a. Mengikuti secara aktif berbagai kegiatan jejaring dan organisasi profesi
    b. Melakukan eksplorasi beragam pengalaman belajar dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
    c. Menghasilkan karya dan/atau memberikan layanan yang bermakna dari kegiatan jejaring dan organisasi profesi untuk mengembangkan karier
  • Berdasarkan tiga indikator tersebut di atas, maka anda saat ini berada atau mendekati pada jenjang kompetensi : *

Berkembang

Layak

Cakap

Mahir

  • Keterangan : Kode indikator yang masih memerlukan peningkatan adalah…...(boleh lebih dari 1 indikator) *

  •  

 


Post a Comment

Post a Comment